Dugaan Penjagalan Calon Anggota BPD Desa Rimbo Panjang Atas Instruksi Camat Kepada Panitia. Ada Indikasi Terkait Pencairan Pembebasan Lahan Tol

  • Redaksi
  • 01 Maret 2024, 16:52:00 WIB
  • Hukrim
SHARE 

Kampar, Genta Online Com Seleksi Pemilihan Anggota BPD Rimbo Panjang Tahun 2024 diduga Penuh Dengan Rekayasa dan Tipu Muslihat, hal ini terlihat dari cara-cara dan tindakan yang dilakukan oleh Ketua Pelaksana Seleksi Pemilihan Anggota BPD Rimbo Panjang yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.  

Bupati Kampar telah mengeluarkan (Perda) nomor 6 kabupaten tahun 2018 tentang Badan Permusyawaratan Desa, dalam aturan tersebut juga sudah dijelaskan tentang persyaratan untuk menjadi anggota BPD bahwa yang beragama Islam harus bisa membaca Al-qur'an yang dibuktikan dengan surat keterangan dari yang berwenang. 

Namun aturan tersebut ditambah oleh panitia pelaksana Ahmad Sabana sebagai ketua panitia pemilihan anggota BPD periode tahun 2024/2029 dengan menyampaikan bagi calon anggota BPD yang beragama Islam harus bisa membaca Al-qur'an yang dibuktikan dengan surat keterangan dari yang berwenang yang terbaru.

Padahal didalam Perda tersebut sesuai pasal 11 jelas bunyinya, bagi calon anggota BPD yang beragama islam harus bisa membaca al-qur'an yang dibuktikan dengan surat keterangan dari yang berwenang, tidak ada tambahan kalimat, yang menyatakan surat keterangan bisa baca Alquran terbaru. 

Salah satu calon anggota BPD yaitu Ben Zainal sudah memiliki surat keterangan bisa membaca Alquran yang di keluarkan pada tahun 2021 oleh KUA Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 

Meskipun demikian calon BPD Ben Zainal tetap berusaha memperbarui surat keterangan bisa baca Alquran, namun panitia beralasan itu sudah terlambat. 

Dugaan rekayasa pemilihan anggota BPD Rimbo panjang tahun 2024-2029 sepertinya penuh dengan kepentingan oknum mafia yang hendak menyingkirkan salah satu anggota BPD yang cukup tegas di Desa Rimbo Panjang. 

Hal ini terkuak dari hasil musyawarah Dusun (Musdus) yang diadakan di dalam mesjid taqwa dusun 3 desa Rimbo panjang 1 februari 2024 kecamatan tambang kabupaten Kampar. 

Anehnya saat itu Pencalonan BPD maka langsung di adakan pemilihan anggota BPD keterwakilan dusun 3 baru melengkapi berkas yang di tutup pada hari libur.9 februari 2024.sehingga salah satu dari calon anggota BPD Ben Zainal yang udah menang dari pemilihan maka berkas di masukan tanggal 5 februari 2024 bagi calon BPD di suruh diperbaharui memperbarui surat keterangan bisa baca ayat suci Al Qur'an dari KUA.karena surat keterangan bisa baca ayat suci Alquran ben zainal beliau sudah ada tapi di keluarkan tahun 2021 oleh masih KUA yang sama.

Dijelaskan Ben zainal "hari sudah jam 4 Sore,sore hari Rabu 7 februari 2024, sedangkan esok harinya tanggal 8 hari Israk miqrat,kemudian tgl 9 besok harinya juga libur bersama,hari Senin 21 februari baru bisa di urus surat untuk memperbarui surat keterangan bisa baca ayat suci Al Quran dan karena 4 hari sebelumnya libur justru alasan camat sudah terlambat,"meskipun hal tersebut sudah saya sampaikan kepada camat Tambang sebagai PJ kades Rimbo panjang Drs Jamilus karena situasi tidak bisa di urus namun Drs Jamilus tetap melakukan verifikasi dengan mengeluarkan saya (ben zainal) yang sudah terpilih sebagai anggota BPD desa Rimbo panjang.

Sedangkan para calon yang akan di buat pemilihan penganti ben Zainal berkas mereka baru mulai di urus dengan waktu sampai selesai baru akan di lakukan pemilihan Kamis 29 februari 2024 dengan judul undangan musyawarah pemilihan anggota BPD dusun 3 desa Rimbo Rimbo panjang yang ditandatangani kadus 3 Aditya Rizkiando SE

Inilah penjelasan Perda nomor 16 kabupaten tahun 2018 tentang badan permusyawaratan Desa sebagai berikut:

Pasal 10 (1) Calon anggota BPD terpilih disampaikan oleh panitia kepada Kepala Desa paling lama 7 (tujuh) hari kerja sejak calon anggota BPD terpilih ditetapkan panitia.(2) Calon anggota BPD terpilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disampaikan oleh Kepala Desa kepada Bupati melalui Camat paling lama 7 (tujuh) hari kerja sejak diterimanya hasil pemilihan dari panitia pengisian untuk diresmikan oleh 

Pasal 11 menerangkan

Persyaratan calon anggota BPD adalah:

1.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2.memegang teguh dan mengamalkan Pancasila,melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika;

3.berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun atau sudah/pernah menikah;

4.berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama atau sederajat

5.calon BPD beragama islam harus bisa membaca al-qur'an yang dibuktikan dengan surat keterangan dari yang berwenang.

6.bukan sebagai perangkat Pemerintah Desa

7.bersedia dicalonkan menjadi anggota BPD; 8.wakil penduduk Desa yang dipilih secara demokratis dan bertempat tinggal di wilayah pemilihan.**(tim).

Editor : Redaksi

Berita Terkait